Pramudyarini Andri, Retno (2021) THE EFFECT OF INNOVATION AND CONSUMER BEHAVIOR TOWARDS SUSTAINABLE FASHION IN THE ERA OF SOCIETY 5.0 STUDENTS OF FSR IKJ PRODUCT DESIGN. Masters thesis, Institut Kesenian Jakarta.
|
Text
JURNAL RETNO_IJJMU_Indo.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK. Peningkatan inovasi di Indonesia belakangan ini mendorong peningkatan fashion berkelanjutan di era society 5.0 dimana Sinergi manusia dan teknologi bisa terwujud agar masyarakat semakin sejahtera. Selain inovasi, terdapat perilaku konsumen, yakni konsumtif massal perlu dikurangi agar produksi produk di dunia fashion dapat berumur panjang dan berkelanjutan. Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Juli 2020 di FSR Institut Kesenian Jakarta, Kota Jakarta Pusat. Populasi penelitian adalah mahasiwa Desain Produk FSR IKJ yang berjumlah 185 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan cara diundi, sedangkan pehitungan jumlah sampelnya 127 menggunakan rumus Slovin. Teknik penskoran penelitian ini dilakukan dengan cara menentukan skor melalui berbagai pertanyaan yang diajukan kepada responden dengan menentukan skor menurut skala likert. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 25.0. Temuan dari penelitan yaitu: (1) Pengaruh langsung inovasi proses dalam fashion terhadap fashion berkelanjutan, (2) Pengaruh langsung perilaku konsumen terhadap fashion berkelanjutan, (3) Pengaruh langsung inovasi proses dalam fashion terhadap perilaku konsumen. Kata Kunci: inovasi proses dalam fashion, perilaku konsumen, dan fashion berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Desain Produk |
Depositing User: | Mrs. Retno Andri P,S.Sn., M.Pd. |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 07:16 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 07:16 |
URI: | http://repository.ikj.ac.id/id/eprint/495 |
Actions (login required)
View Item |