Ardi, Satwiko (2024) ANALISIS PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM-FILM VISINEMA PRODUCTION MENGGUNAKAN ACTOR-NETWORK THEORY BRUNO LATOUR. Masters thesis, Institut Kesenian Jakarta.
Full text not available from this repository.Abstract
"Product Placement (PPL) adalah praktik menyertaan produk, merek atau pesan ke dalam media visual. PPL pertama di dunia adalah produk Sunlight yang muncul pada tahun 1896 dalam film Washing Day in Switzerland. Seiring perkembangannya, PPL kini menjadi semakin populer di film-film Indonesia, sebagai mekanisme pendanaan produksi film. Namun demikian, PPL juga dapat menimbulkan risiko negatif bagi merek maupun film dimata penonton. PPL yang muncul bisa diterima sebagai gangguan terhadap tingkat kenyamanan menonton apabila muncul secara kurang etis atau tidak serasi dengan visualisasi, latar belakang dan alur cerita film. Tesis ini menyuguhkan sebuah referensi baru dalam menganalisis sebuah PPL, yaitu dengan teori Actor-Network Theory Bruno Latour yang memiliki potensi kegunaan dalam memahami PPL dari sudut pandang yang berbeda. Eksplorasi ilmiah dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif guna mencari referensi ilmu dan pola pikir baru dalam proses menilai maupun menciptakan PPL. Sejumlah adegan PPL dalam film akan dibahas sebagai obyek studi tesis terhadap teori-teori pilihan. Studi ini bertujuan untuk memberi kontribusi dan perspektif baru dalam memahami PPL di dalam film. Kata kunci: Film, Product Placement, Actor-Network Theory Bruno Latour"
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Depositing User: | SDM Pasca |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 00:47 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 00:47 |
URI: | http://repository.ikj.ac.id/id/eprint/3830 |
Actions (login required)
View Item |