Tjahjawulan, Indah (2022) Branding UKM untuk Meningkatkan Nilai Produk: Hasil Kolaborasi dengan Aliansi Kuliner Indonesia dan Selow Food. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Unindra, 5 (3). pp. 339-356. ISSN 2614-574X
|
Text
12958-39819-1-PB.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan usaha kecil menengah (UKM) khususnya yang bergerak di bidang kuliner terus bertumbuh, menghasilkan ribuan merek (brand) produk kuliner. Namun sayangnya tidak dibarengi dengan kesadaran para pelaku UKM untuk membangun merek (branding) yang baik, sehingga banyak kemiripan satu dengan yang lain, yang membuat konsumen sulit untuk membedakannya. Oleh karena itu Prodi DKV IKJ berupaya membantu UKM tersebut membangun merek sebagai bagian dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang terintegrasi dengan mata kuliah Kolaborasi Desain Komunikasi Visual. Untuk mendapatkan data UKM yang akan dibantu, Prodi DKV IKJ bekerjasama dengan lembaga Pembina UKM, yaitu Aliansi Kuliner Indonesia dan Selow Food yang membantu mengkurasi 24 UKM yang dianggap paling membutuhkan. Hasilnya adalah mahasiswa secara berkelompok mampu berkolaborasi membangun merek 24 UKM tersebut, mulai dari pengembangan identitas, kemasan, media promosi sampai kepada media pemasaran, yang dapat langsung dimanfaatkan oleh para UKM tersebut untuk meningkatkan nilai produk.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Mr. Fausan Sukma |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 08:50 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 08:50 |
URI: | http://repository.ikj.ac.id/id/eprint/1198 |
Actions (login required)
View Item |