Tjahjawulan, Indah (2017) Menatap Iklan Reebok Easytone - Reetone. JSRW (JURNAL SENIRUPA WARNA), 5 (1). pp. 77-83. ISSN p-ISSN: 2355-1682 e-ISSN: 2685-7618
|
Text
Artikel - Menatap Iklan Reebok “Easytone - Reetone” .pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Iklan adalah sebuah objek, dan kita adalah subjek yang menatap kepada objek tersebut. Namun, “menatap” bukanlah sekadar menatap karena pada saat “menatap” iklan, ada sebuah medan tatapan yang berhubungan dengan kode penyampaian iklan itu sendiri yang mempunyai beberapa tingkatan (level). Tulisan ini membahas tentang level medan tatapan dalam iklan dengan contoh kasus iklan Rebook seri Easytone dan Reetone. Dari pembacaan iklan tersebut ditemukan bahwa level pertama “menatap” adalah melihat realita, yaitu subjek hanya melihat imaji (gambar) yang ada pada iklan tersebut. Level kedua adalah melihat apa yang direpresentasikan oleh semua realita tersebut. Siapa saja yang melihat iklan tersebut, dengan bebas dapat menerjemahkan sesuai intepretasi masing-masing. Sedangkan level ketiga berkaitan dengan kekuasaan atau ideologi tertentu yang melatarbelakangi realita dan representasi tersebut. Pada akhirnya “menatap” iklan dapat berperan lebih jauh dari sekedar dapat terpengaruh oleh rayuan untuk membeli produk yang diiklankan, tetapi juga membentuk abnormalitas seksual di kalangan wanita untuk menikmati sensualitas dan pamer keindahan tubuh yang palsu hasil konstruksi media
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Mr. Fausan Sukma |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 08:49 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 08:49 |
URI: | http://repository.ikj.ac.id/id/eprint/1193 |
Actions (login required)
View Item |