Everlin, Shierly (2014) Desain Portal Online Wikara, Portal Wisata Kreatif Bagi Anak Muda. Masters thesis, Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu pilar penting dalam pembangunan ekonomi kreatif adalah melalui penyebaran nilai-nilai kreativitas ke masyarakat. Tim kami menciptakan Wikara sebagai media untuk penyebaran nilai-nilai kreativitas ini. Penyebaran nilai-nilai kreativitas oleh Wikara dilakukan dengan berperan sebagai media komunikasi antara industri-industri kreatif dari berbagai sektor dengan masyarakat.Tim kami memilih anak muda SMA dan sederajat sebagai target awal Wikara. Pemilihan ini diharapkan dapat membantu pendidikan kreativitas pada kalangan pendidikan menengah atas. Anak muda SMA berada dalam proses eksplorasi identitas diri dalam hubungannya dengan masa depan mereka. Selain itu, sudah cukup banyak sekolah setara SMA yang telah memiliki peminatan akan bidang-bidang kreatif ini. Hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk Wikara memperkenalkan berbagai sektor industri kreatif. Tim kami juga memilih wisata kreatif sebagai produk utama Wikara karena dianggap memiliki semangat yang sama dalam memfasilitasi penyebaran nilai-nilai kreativitas ini dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif. Wisata kreatif mengakomodasi kebutuhan akan pengembangan diri dan ruang interaksi yang lebih aktif sehingga dapat memperkaya kreativitas pesertanya. Untuk mewadahi beberapa konsep ini, tim kami mengemas Wikara dalam bentuk portal online. Bentuk ini dianggap dapat memenuhi tujuan tim kami. Selain murah, bentuk portal online dapat dengan lebih leluasa menghubungkan masyarakat terhadap berbagai bentuk wisata kreatif lainnya.Tim kami membatasi penelitian pada tiga hal, yaitu: portal online, desain program wisata kreatif, dan strategi komunikasi pemasaran. Portal online perlu diteliti karena Wikara sebagai suatu perusahaan baru memerlukan desain portal online yang menarik yang dapat mewakili citra Wikara di khalayak umum. Portal online ini diperlukan selain dapat mengkomunikasikan program-program Wikara, portal ini berfungsi sebagai media penghubung informasi mengenai berbagai jenis wisata kreatif yang ada di Indonesia dan sebagai media pembelajaran dan saran bersosialisasi bagi komunitas kaum muda yang ingin mengetahui industri kreatif yang sedang berkembang di Indonesia. Dengan kualitas Wikara yang tentunya perlu dibangun dan ditingkatkan, adanya pencitraan yang dirancang dengan serius mampu membantu membangun Wikara sebagai sebuah brand portal wisata yang baik. Tujuan dari penelitian portal online ini adalah untuk merancang user interface portal online Wikara yang baik sehingga dapat menjadi representasi brand Wikara sebagai portal wisata kreatif. Penelitian portal ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan data pendukung yang digunakan adalah catatan observasi di lapangan, hasil fokus group discussion dengan responden mengenai tampilan portal, wawancara dengan praktisi dan desk research dari literatur. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan tampilan portal yang baik dan menarik bagi pelanggan dan calon pelanggan. Yang kedua, program wisata perlu diteliti karena sebagai produk utama dari Wikara, program harus mempunyai keunikan dan mampu memberikan pengalaman kreatif terhadap peserta. Penelitian program wisata kreatif ini untuk dapat menjelaskan aspek-aspek ilmiah dan edukasi kreatif. Hal ini sehubungan dengan sasaran pasar Wikara yang berasal dari kalangan pendidikan menengah atas, sehingga Wikara dapat menjadi salah satu pendidikan nonformal yang berbasiskan pendidikan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dari tahap media grafis interpretation hingga program wisata kreatif serta menjelaskan pengalaman kreatif dan edukatif peserta wisata industri kreatif Wikara dalam mengikuti keseluruhan tahapan kegiatan yang diikuti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrumental. Data pendukung yang digunakan adalah respon peserta terhadap desain media interpretasi dan pengalaman wisata industri kreatif Wikara. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan respon peserta yang mengikuti program wisata Wikara dalam hubungannya dengan pengalaman kreatif dan edukatif. Wikara adalah perusahaan startup yang memiliki modal dan sumber daya yang terbatas. Sebagai perusahaan baru, belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang Wikara, sehingga Wikara memerlukan strategi dalam memasarkan produk-produknya dan menjalin komunikasi. Aktivitas komunikasi di sini adalah memberikan informasi, penawaran dan membujuk serta menjalin komunikasi yang menumbuhkan dan mengukuhkan hubungan timbal balik antara Wikara dengan pelanggan maupun Wikara dengan praktisi kreatif. Metode penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan data dukung yang digunakan adalah respon pengunjung portal online maupun Fanpage Facebook Wikara terhadap konten yang disajikan. Fokus dari penelitian ini adalah rancangan strategi untuk memasarkan Wikara dan menjalin komunikasi atau hubungan timbal balik antara Wikara dengan pelanggan maupun Wikara dengan praktisi kreatif melalui media online.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > ND Painting N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Penciptaan dan Pengkajian Seni |
Depositing User: | SDM Pasca |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 06:01 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 05:58 |
URI: | http://repository.ikj.ac.id/id/eprint/1041 |
Actions (login required)
View Item |